Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin Tingkatkan Mutu Mahasiswa Melalui Workshop Pengolahan SPSS

  • 07 Oktober 2021
  • 02:41 WITA
  • Administrator
  • Berita

ILMU POLITIK ONLINE - Program Studi (Prodi) Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar mengadakan pelatihan pengolahan data Statistical Product and Service Solutions (SPSS) penelitian sosial.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk peningkatan mutu Mahasiswa dalam bidang penelitian sosial dengan metode Kuantitatif itu diadakan di Lecture Theater, Gedung FUF, Kamis (07/10/2021).

Hadir dalam kegiatan itu sebagai narasumber yakni Dr Awal Muqsith dengan judul Metode Penelitian Kuantitatif Ilmu Politik dan Reskiyanti Nurdin dengan tema Olah data SPSS dalam Penelitian Kuantitatif. Sementara Moderator Abu Bakar.

Penanggung Jawab yang juga sebagai Dosen Ilmu Politik Reskiyanti Nurdin mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dasar olah data SPSS dalam penelitian kuantitatif bagi Mahasiswa di Prodi Ilmu Politik.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan manfaat SPSS mampu mengakses data dari berbagai jenis format yang ada, sehingga data yang sudah tersedia dalam berbagai format dapat digunakan langsung untuk melakukan analisis data.

"Tampilan data yang diberikan SPSS lebih informatif sehingga mempermudah pengguna dalam membaca hasil yang diberikan," jelasnya.

Ia berharap, pelatihan ini setiap tahun dilaksanakan. Menurutnya, mata kuliah dengan 16 kali pertemuan waktunya tidak mencukupi dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan, karena mata kuliah dengan 16 kali pertemuan waktunya itu tidak cukup sehingga perlu penguatan dalam bentuk workshop," pungkasnya.