Implementasi Pengabdian Masyarakat, LAB IPO Adakan Kegiatan Dari Pelosok Kita Bisa

  • 29 April 2024
  • 11:50 WITA
  • Administrator
  • Berita


UIN Alauddin Online - Laboratorium (Lab) Ilmu Politik (IPO) Program Studi (Prodi) Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) implementasikan pengabdian masyarakat dengan kegiatan mengajar bertajuk "Dari Pelosok Kita Bisa" di Pulau Lae-lae, Kota Makassar, Sabtu 27 April 2024 sampai Minggu 28 April 2024.

Lab IPO dalam kegiatan ini mengandeng Study Club (SC) Eleftheria Politic (Eltic) mengajar kepada anak-anak sekolah dasar di Pulau Lae-lae selama dua hari.

Kepala Lab IPO, Dr Syaiful menjelaskan kegiatan ini sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat, agar kehadiran Lab IPO dapat bermanfaat langsung kepada khalayak umum.

"Kami memiliki pandangan program dari Lab IPO tidak melulu berkutik di dunia kampus tapi juga kepada masyarakat sebagai upaya berkontribusi terhadap pendidikan dan pembangunan kapasitas anak-anak bangsa," ungkap Dosen Pengampu Sosiologi Politik ini.

Kegiatan ini, kata Dr Syaiful berupa belajar baca tulis dan membaca dasar yang ditujukan kepada anak-anak usia sekolah dasar di Pulau Lae-lae selama dua hari, ia berharap kegiatan ini berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya.

Ia mengungkapkan pemilihan lokasi Pulau Lae-lae karena menjadi salah satu lokasi yang masuk dari program besar reklamasi Center Point Indonesia (CPI) yang dimulai sekitar 10 tahun lalu itu.

"Tentu saja, rencana besar reklamasi diasumsikan memicu banyak problematika sosial ekonomi, sehingga dikhawatirkan turut mempengaruhi sedikit banyak aspek pendidikan, terutama bagi anak-anak di pesisir pulau yang terdampak," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Politik, Dr Awal Muqsith mengapresiasi program Lab IPO itu ini sebagai upaya berkontribusi implementasi tridharma perguruan tinggi. 

"Semoga kedepan ini menjadi semangat dan memantik teman-teman mitra prodi bisa berkontribusi lebih kepada peningkatan jangkauan pengabdian prodi dalam perwujudan tridharma perguruan tinggi,"