Mahasiswa Ilmu Politik, A. Muh. Rifky Nugraha Jadi Wisudawan Terbaik Angkatan 103 Tingkat Fakultas dan Universitas

  • 01 Mei 2024
  • 07:13 WITA
  • Administrator
  • Berita

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, mengukuhkan mhasiswanya dalam proses wisuda program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana angkatan 103. Sejumlah 753 wisudawan mengikrarkan janji alumni untuk mendedikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama menjalani studi di kampus peradaban itu.


Dari 66 wisudawan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Mahasiswa Jurusan Ilmu Poitik angkatan 2020, A. Muh. Rifky Nugraha berhasil menyematkan diri sebagai lulusan terbaik I. 


Prestasi akademik yang diraih oleh mahasiswa yang akrab di sapa Rifky itu, berlanjut pada tingkat Universitas, dari 753 wisudawan UIN Alauddin angkatan 103 dari program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana, Rifky pun menyandang predikat sebagai salah satu wisudawan terbaik tingkat universitas.


Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang dikumpulkan dan didapatkan Rifky selama menempuh pendidikan di bangku perkuliahan yaitu 3.88, poin ini mengantarkan dirinya menyandang predikat cumlaude dan meraih prestasi sebagai lulusan terbaik. Selain torehan IPK, prestasi alumnus terdebut, juga ditunjang dengan penilaian masa studi, Rifky berhasil menyelasaikan Program Strata 1 di UIN Alauddin selama 3.6 tahun.


Pemuda asal Bulukumba itu, mengatakan selama menempuh pendidikan di UIN Alauddin, i memiliki beban moril akademik karena sebelumnya telah menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai mahasiswa angkata 2019. Tetapi, kesulitan adaptasi terhadap mata kuliah dan konsentrasi ilmu pengetahuan di bidang teknik. Membuat dirinya hijrah ke UIN Alauddin dan memilih Ilmu Politik sebagai konsentrasi akademiknya.


"Kesulitan itu membuat saya untuk pindah ke UIN Alauddin dan memilih jurusan Ilmu Politik, ketertinggalan saya secara akademik dan pendidikan formal, adalah motivasi terbesar yang terpatri dalam diri saya untuk semangat belajar dan aktif di dalam dan di luar kelas, serta sebagai cambuk bagi saya agar dapat menyelesaiakan studi dengan baik," ungkapnya.


Lebih lanjut, Rifky mengatakan, prestasi yang akademik yang ia raih tidak terlepas dari doa orang tua, sikap tekun dan disiplin semasa mengikuti perkuliahan.


"Prestasi yang saya raih sebagai wisudawan terbaik di tingkat fakultas dan tingkat universitas, tidak terlepas dari doa orang tua, begitupun dengan ketekunan yang saya terapkan dalam menggali ilmu pengetahuan secara teoritis dan praktis, dan usaha yang saya jalani untuk konsisten bersikap disiplin serta bertanggung jawab, mematuhi aturan akademik yang berlaku di dalam maupun di luar kelas,' jelasnya.