Dosen Ilmu Politik, Reskiyanti Nurdin S.IP., M.A. paparkan hasil survey layanan publik dalam seminar hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2023, Perumda Air Minum Kota Makassar, pemaparan hasil survey ini berlangsung di Hotel Makassar Golden, Senin (12/02/2024).
Acara tersebut diikuti oleh Direktur, jajaran direksi dan staf PDAM Kota Makassar. Hasil survey kepuasan pelanggan ini menununjukkan angka sebesar 93.77, hasil tersebut menunjukkan skala indikator
penilaian masyarakat terhadap kinerja layanan PDAM Kota Makassar, menunjukkan level “Sangat Baik".
Indikator pelayanan publik yang dijadikan variabel survey pada kali ini, meliputi tangibels (bukti nyata), realibility (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (daya tanggap), dan empathy (empati).
Adapun variabel survey kepuasan masyarakat yang dijadikan pertanyaan penelitian di dalam kuesioner, mencakup persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, maklumat pelayanan, penaganan pengaduan, saran dan masukan.
Melalui rilis survey ini, PDAM Kota Makassar memiliki eksistensi yang baik dalam memproduksi air di tengah-tengah masyarakat, demikian juga dengan kecepatan repsonnya dalam menangani keluhan pelanggan.
Terlebih dalam menyediakan air pada musim kemarau yang lalu, PDAM mampu menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat, di tengah fenomena Elnino berlangsung.
Pada kegiatan itu, Reskiyanti Nurdin di dampingi oleh Mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2020, A. Muh. Rifky Nugraha sebagai moderator.