Pelatihan Metodologi Pengabdian; Untuk Menghasilkan Produk Pengabdian Berkualitas

  • 17 Februari 2021
  • 10:33 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar menggelar Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Miles Co-Working, Rabu 17 Februari 2021.

Peserta kegiatan ini terdiri dari dosen dan mahasiswa, meskipun masih berada dalam suasana pandemi, kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Ketua Panitia kegiatan ini, Reskiyanti Nurdin, sekaligus dosen ilmu politik, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperkuat piranti dan instrumen metodologis bagi dosen dan mahasiswa terutama dalam program pengabdian masyarakat. 

Dalam sambutannya, Syahrir Karim, Ketua Jurusan Ilmu Politik, menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memberikan stimulus bagi kegiatan ilmiah yang tengah lengang pada masa pandemi.

Materi kegiatan ini terfokus pada Metode Penelitian CBR (Community Based Research) yang dibawakan oleh Prof. Dr. Muhammad Saleh Tajuddin, Ph.D, Guru Besar Jurusan  Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar dan ABCD (Asset Based Community Development), yang dipresentasikan oleh Dr. Muhsin Mahfudz, M.Th.I., yang juga sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan ini diproyeksikan merupakan rangkaian dari Program Pengabdian Masyarakat Ilmu Politik UIN Alauddin yang berlangsung dari bulan Februari-Maret 2021. Untuk memperkuat instrumen metodologis dan lebih menegaskan arah pengabdian maka kegiatan pra-pengabdian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk pengabdian yang lebih berkualitas. 

Berita Terkait